Senin, 19 Maret 2012

Indonesia Ikut Aksi Global March to Jerusalem


Indonesia Ikut Aksi Global March to Jerusalem
TRBUNNEWS.COM/ BUDI PRASETYO

Jumpa dalam rangka pelaksanaan kegiatan Indonesia dakam aksi perdamaian Global March to Jerusalem (GMJ) di Hotel Kartika Chandra, Minggu sore (18/3/2012) 

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA - Untuk menyuarakan pelanggaran Israel atas pendudukan Jerusalem sebagai bentuk terhadap kejahatan kemanusian dan menyerukan kepada dunia untuk segera melakukan upaya konkrit guna menyelamatkan kota Jerussalem dari segala bentuk diskriminasi dan kesewenangan-wenangan.Indonesia ikut ambil bagian dalam aksi damai internasional untuk menyelamatkan Jerusalem melalui Global March to Jerusalem (GMJ) yang dimotori Asia Pacific Community for Palestina (ASPAC).
Dalam kegiatan aksi damai yang akan berlangsung tanggal 30 Maret di ibukota Jordania Amman, Indonesia menurut kordinator GMJ Indonesia Ahmad Zainuddin , Indonesia dalam keterangan persnya Minggu (18/3/2012) mengirim 60 peserta dari berbagai lembaga dan lintas agama, serta dari kaukus parlemen Indonesia untuk Palestina sebanyak 11 orang. 

Dipilihnya Amman menurut Ahmad Zainuddin , merupakan kota terdekat dari Palestina. “ Di Amman perwakilan Indonesia akan bergabung dengan 2000 peserta lain yang datang dari berbagai negara untuk melakukan aksi damai.” Katanya. 

Selain dilakukan di Amman kegiatan serupa juga akan dilakukan di lima kota besar di Indonesia antara lain Medan, Pontianak, Padang,Malang dan Makssar. 
DalamKegiatan GMJ terdapat sejumlah agenda antara lain berupa pertemuan dan dialog antara tokoh-tokoh Asia Pasifik khususnya Asia Tenggara untuk membahas dan mencari solusi atas persolan di Jerusalem , khususnya permasalahan Jerusalem serta pertemuan para perwakilan lembaga anggota ASPAC,sekaligus pengukuhan Council Member dan . pengurus ASPAC


Dalam kegiatan aksi damai Ketua Aliansi Internasional untuk penyelamatan Jerusalem dan Palestina DR Soud Abou Mahfoudz akan menyampaikan kondisi Jerusalem terkini, selain itu juga akan hadir Tun HajiAzmi Thalib perwakilan GMJ Malaysia, perwakilan Filipina. Srilangka, Maladewa dan Perwakilan Thailand, Bachtiar Nasir, Lc Ketua Spirit of Aqsa (SOA) akan berbicara atas nama Indonesia. 
Solidaritas dari masyrakat Internasional yang cinta perdamaian menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan serta menghormati situs-situs sacral keagamaan melalui GMJ  merupakan langkah awal yang dilakukan .
Al Aqsha merupakan masjid suci ketiga umat Islam, Jerusalem kota kunci bagi tercapainya perdamaian maupun peperangan. Karena itu tindakan rasisme yang dipraktekan Israel terhadap rakyat Palestina dan situs situs bersejarah yang ada di kota Jerusalem jelas mengancam perdamaian,disamping merupakan kejahatan kemanusiaan. 
Penulis: Budi Prasetyo   




.



0 komentar:

Posting Komentar