Minggu, 13 Mei 2012

Rekor Muri Kaligrafi Terpanjang 720 Meter Dipecahkan di Semarang



Semarang - Kaligrafi hasil karya murid SMK 2 Semarang memecahkan rekor Muri Kaligrafi terpanjang, 720 meter dan terbuat dari pelepah pisang. Ayat Alquran yang tercantum dalam kaligrafi tersebut adalah surat Al-Baqarah ayat 1-286.

"Kami memilih surat tersebut karena merupakan surat dengan ayat terpanjang dan mengangkat soal lingkungan hidup," kata kepala Sekolah SMK 2 Semarang, Suprianto, di SMK 2 Semarang, Jalan Dr Cipto, Semarang, Sabtu (12/5/2012).

"Kami memanfaatkan pelepah pisang karena selama ini kami melihatnya berserakan di belakang sekolahan tanpa manfaat," imbuhnya.

Tidak hanya pelepah pisang, Kaligrafi yang dibuat oleh seluruh murid kelas X dan sebagian kelas XI tersebut juga memanfaatkan kulit bawang sebagai background kaligrafi.

"Kaligrafi dibuat oleh 720 murid di mana masing-masing murid membuat satu potong ayat sepanjang satu meter," ungkap Kepsek.

Kaligrafi-kaligrafi yang berupa potongan surat Al-Baqarah tersebut ditata di depan koridor kelas, lapangan, bahkan beberapa ada yang ditumpuk agar menghemat tempat.

Sementara itu Maryati, guru agama sekaligus pencetus pemecahan rekor tersebut mengatakan, dalam proses pembuatannya, para murid diawasi oleh guru agama dan bahkan sempat dikoreksi oleh Departemen Agama.

"Karena ini ayat suci Alquran, kami tidak bisa main-main," katanya.

Membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan dari perencanaan dan pembuatan kaligrafi terpanjang itu. Waktu yang paling lama dibutuhkan adalah untuk menempelkan pelepah pisang.

"Susah nempel pelepahnya, menggunting bentuk pelepahnya, terus nyiapin triplek dan lem kanji. Butuh seminggu lebih. Belum lagi kita harus mengeringkan pelepahnya selama dua sampai tiga hari," kata murid kelas X jurusan Akuntansi, Risky Nur Setiami.

"Kami juga diharuskan mengulang kalau ada tulisan arab yang salah," imbuh Risky.

Kepsek juga mengatakan bahwa kegiatan pemecahan rekor tersebut bertujuan untuk membekali para siswanya dengan keahlian membuat kaligrafi yang bisa dimanfaatkan jika sudah lulus dari sekolah. Sementara itu rencananya kaligrafi akan dijual ke masyarakat yang berminat.

"Seperti yang telah kita lakukan pada tahun 2009 saat memecahkan rekor lukisan terbanyak, 1.040 lukisan dari pelepah pisang. Kami menjualnya dan Alhamdulillah laku," pungkas Kepsek.

Sumber : Detik.com


SEMARANG - Lukisan kaligrafi berbahan dasar pelepah pisang karya murid-murid SMK Negeri 2 Semarang, berhasil mencetak rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia, Sabtu pagi (12/5). Pasalnya kaligrafi yang bertuliskan surat Al-Baqoroh ayat 1-286 tersebut berukuran panjang 720 meter.

Pembuatan lukisan ini melibatkan sebanyak 700 murid dari kelas X dan XI. Masing-masing murid membuat lukisan kaligrafi diatas papan dengan ukuran satu hingga satu setengah meter. Kreasi dari tiap murid pun bermacam-macam, selain menggunakan bahan dasar pelepah pisang, mereka juga memanfaatkan kulit bawang, kulit telur, pasir, dan kulit kerang untuk memperindah kaligrafi.

Proses penyelesaian rekor ini pun membutuhkan waktu dua bulan, yakni satu bulan pertama murid-murid diberikan teori dan juga pelatihan. Pelatihan ini penting, karena dalam pembuatan kaligrafi detail huruf sangat diperhatikan, dan membuatnya pun harus teliti.

Salah seorang siswi kelas XI, Dian Tri Wulandari mengatakan ketelitian sangat diperlukan, sebab bila salah maka huruf tersebut tidak dapat terbaca.

“Karena seni lukis kaligrafi merupakan salah satu seni yang memiliki arti, maka kita harus membuatnya dengan teliti, sehingga dapat dibaca dan dinikmati secara visual,” ujarnya.

Sumber : suaramerdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar