Selasa, 28 Februari 2012

120 keraton hadiri Festival Keraton Nusantara 2012



Kendari (ANTARA News) - Sebanyak 120 keraton yang ada di Tanah Air dipastikan akan menghadiri atau meramaikan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-8 di Keraton Buton atau di Kota Baubau Sulawesi Tenggara pada September 2012.

Wali Kota Baubau Amirul Tamim di Kendari, Selasa mengatakan, sebanyak 120 keraton tersebut sudah menyatakan kesediaan melalui surat yang telah disampaikan kepada panitia setempat.

"Kami sangat optimis akan sukses menggelar hajatan para raja-raja se-nusantara tersebut. Pemkot Baubau telah teruji menyelenggarakan berbagai kegiatan nasional maupun internasional," katanya.

Menurut dia, karena kesuksesan menyelenggarakan berbagai kegiatan nasional maupun internasional maka Kota Baubau juga didaulat sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) di Sultra. 

Untuk kesuksesan itu, pengalaman-pengalaman sebagai tuan rumah seperti peringatan HUT Sultra yang dipusatkan di Baubau beberapa waktu lalu, kongres internasional bahasa-bahasa daerah dan kegiatan-kegiatan lainnya kembali akan diterapkan.

"Kegiatan ini merupakan tantangan tersendiri dari raja-raja dan sultan se-nusantara terhadap Kota Baubau untuk menjadi tuan rumah yang baik. Untuk itu, dalam menyukseskannya bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi tanggung jawab semua masyarakat Kota Baubau," ujarnya. 

Ia menjelaskan, keramahan warga Baubau terhadap tamu, rasa aman dan kenyamanan harus ditunjukan sebagai kota yang berbudaya dan menjunjung keramahan kepada siapapun yang ada di daerah itu. 

Amirul menjelaskan, meskipun hotel dan penginapan masih minim di Baubau untuk menampung para tamu FKN tersebut, namun hal itu bisa di atasi dengan menampung para tamu di rumah-rumah penduduk yang dianggap layak, seperti pelaksanaan berbagai kegiatan besar sebelumnya.


Sumber



0 komentar:

Posting Komentar