Senin, 04 Juni 2012

Seluruh karya Raden Saleh akan dipamerkan di Galeri Nasional


Belanda menyerahkan lukisan Raden Saleh yang berjudul "Penangkapan Diponegoro" kepada pemerintah Indonesia tahun 1978. (wikipedia.org)
Berita Terkait


Seluruh karya maestro lukis Indonesia Raden Saleh Sjarif Boestaman atau Raden Saleh untuk pertama kalinya akan dipamerkan bersama di Indonesia tanggal 3-7 Juni 2012 mendatang.

Sebanyak 40 lukisan dan ratusan sketsa karya Raden Saleh akan dipertontonkan kepada publik dalam pameran bertajuk "Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Modern Indonesia" di Galeri Nasional, Jakarta Pusat. 

"Sayang sekali jika karya-karya bagus hanya jadi koleksi pribadi," kata Direktur Goethe-Institut Indonesia Franz Xaver Augustin saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat.

Bersama kurator Werner Kraus, Augustin mengumpulkan seluruh karya Raden Saleh, terutama yang ada di Eropa. Namun karya-karya dari Eropa yang akan ditampilkan hanya berupa reproduksi karena karya aslinya tidak dapat dibawa keluar dari benua tersebut.

Menurut Augustin, lukisan "Penangkapan Diponegoro" merupakan salah satu karya terpenting Raden Saleh. Ia menyebut karya itu sebagai ikon nasional. 

"Lukisan itu menggambarkan apa yang dilakukan Belanda pada Indonesia," kata Augustin, yang juga menjadi penggagas pameran tersebut.

Lukisan yang menggambarkan penangkapan Pangeran Diponegoro oleh Jenderal De Cock tahun 1830 itu akan menjadi lukisan utama dalam pameran.

Direktur Galeri Nasional Indonesia Tubagus Andre Sukmana berharap masyarakat bisa mengapresiasi karya tokoh yang dijuluki Bapak Modernitas Jawa itu.(nta)


Sumber:http://www.antaranews.com/berita

0 komentar:

Posting Komentar