Kamis, 09 Februari 2012

Petani Gorontalo temukan manfaat bensin/solar sebagai pupuk

Gorontalo (ANTARA News) - Petani di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), mulai memanfaatkan bahan bakar bensin dan solar sebagai pupuk.

Kepala Dinas Pertanian, Zukri Harmain, Kamis, mengatakan seorang petani di Limboto, Syafrudin, berhasil meracik kedua bahan bakar tersebut sebagai bahan dasar pupuk yang mampu meningkatkan produksi pertanian.

Dengan melakukan uji coba pada kedua bahan bakar tersebut di areal persawahan, Syafrudin mampu meningkatkan produksi pertanian sebesar 40 persen.

"Jika selama ini, banyak orang berpendapat bahwa bahan bakar seperti bensin dan solar bisa membuat tanaman mati, namun dari hasil uji coba yang dilakukan para petani di daerah ini ternyata bisa mementahkan pendapat tersebut," kata Zukri.

Uji coba di atas lahan seluas sembilan hektar yang ada di Kecamatan Telaga dan Mootilango, membuktikan pupuk dari bahan dasar bensin dan solar ternyata mampu menyuburkan tanaman.

"Inovasi ini pun mulai dikenal luas di kalangan petani di daerah ini," ungkapnya.

Syafrudin berhasil mengubah sifat bahan bakar solar dan bensin menjadi bahan penyubur tanaman. 

"Ini inovasi yang sangat berharga, yang diharapkan mendapat dukungan sepenuhnya pemerintah daerah," kata Zukri.

Rencananya, pihaknya akan memperkenalkan pupuk dari bensin dan solar itu pada pemerintah provinsi, agar mendapat dukungan yang lebih luas lagi sehingga nantinya bisa dikembangkan di seluruh wilayah Gorontalo. (MTO)



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar