Jumat, 02 Maret 2012

Bogor digoyang festival dongdang 2012



Sabtu, 3 Maret 2012 08:44 WIB | 1165 Views

Bogor (ANTARA News) - Ribuan warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat mulai memadati Jalan Raya Tegar Beriman Cibinong, tempat berlangsungnya Festival Dongdang 2012, Sabtu pagi.

Warga sudah terlihat memadati lokasi perayaan Maulid Akbar yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sejak pagi pukul 06.00 WIB. Warga terus berdatangi memadati lokasi acara.

Padatnya warga yang datang membuat arus transportasi kendaraan di ruas ke empat Jalan Raya Tegar Beriman yang disediakan untuk kendaraan yang melintas sudah mulai tersendat.

Sementara 2.012 peserta Dongdang bersiap-siap untuk mengikuti arak-arakan Dongdang yang akan diiringi sekitar 30.000 pengiring.

Berbagai bentuk Dongdang dari sejumlah desa pun sudah terlihat ada yang menyerupai rumah-rumahan, saung, binatang, masjid dan aneka bentuk lainnya. 

Dongdang dihias dengan aneka jenis buah dan sayur-sayuran yang melambangkan kesuburan hasil pertanian.

Ada yang menghiasi Dongdang dengan aneka penganan ringan yang banyak diecer di pasaran seperti Dongdang dari Desa Leuwimekar.

"Dongdang merupakan istilah dalam bahasa Sunda adalah tempat membawa makanan atau barang hantaran saat hajatan (pesta) atau ada peristiwa istimewa," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, Rudy Gunawan.

Rudy mengatakan, tahun ini peserta Dongdang diikuti oleh 2.012 Dongdang dengan jumlah pengiring satu Dongdang sebanyak 15 orang.

Peserta Dongdang berasal dari unsur desa, kecamatan, sekolah, SKPD, perusahaaan, pondok pesantren dan aparat keamanan.

Arak-arakan Dongdang akan dimulai pukul 08.30 WIB hingga siang. Dan pada pukul 14.30 WIB, Festival Dongdang akan dimeriahkan dengan acara nada dan dakwah yang akan menampilkan Grup Band Wali dan Ustad Jeffry Al Buchori.

"Ini merupakan tahun ke tiga Festival Dongdang di selenggarakan. Pada tahun pertama 2010, Festival Dongdang berhasil masuk rekor MURI. Tahun ini kita akan mengarahkan Dongdang menjadi wisata religi Kabupaten Bogor," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Erwin Suryana.
(ANT)

0 komentar:

Posting Komentar