Tari Jaipong juga akan ditampilkan dalam pagelaran Indonesian Festival Seattle (IFS) tahun 2012. (ANTARA/Agus Bebeng)
 Ini dalam rangka memperkenalkan beragam bentuk aktivitas sosio budaya Indonesia kepada masyarakat Amerika.
Bandung (ANTARA News) - Gabungan 25 penari dan musisi dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung dan Gigi Art of Dance Jakarta akan mementaskan "Tanjeur Padjadjaran" di Indonesian Festival Seattle (IFS) 2012 di Kota Seattle, Amerika Serikat, tanggal 5-6 Juli mendatang.

Menurut Koordinator Perkumpulan Nurani Budaya Indonesia, Satria Yanuar Akbar, rangkaian pagelaran budaya dalam IFS 2012 akan dilakukan di Kane Hall University of Washington dan Westlake Park.

"Ini dalam rangka memperkenalkan beragam bentuk aktivitas sosio budaya Indonesia kepada masyarakat Amerika," katanya di Bandung, Jumat.

Satria menambahkan pagelaran seni budaya itu akan meliputi pertunjukan tari dan karawitan. Tarian yang akan ditampilkan antara lain tari topeng Indramayu, Jaipong "Kahot", tari klasik, tari rakyat Cikeruhan, tembang Cianjuran serta Sendratari Layangsari-Jayaprana.

IFS merupakan bagian dari Festal Fest, sebuah festival budaya dunia yang diadakan sejak tahun 1962.

"Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi budaya Indonesia, melainkan juga menjadi ajang dalam penjajalan program kemitraan antara masyarakat Indonesia dan Amerika," kata Satria.

(S033)

Editor: Maryati